Daftar Wisata Bersejarah di Pontianak

Rental Mobil pontianak Sewa Mobil pontianak Penyewaan Mobil pontianak Bagi anda pecinta travelling wisata yang berbau adat/budaya, sepertinya kota Pontianak bisa jadi pilihan tepat untuk anda. Karena kota yang merupakan ibu kota dari provinsi kalimantan barat ini sangat berpotensi sebagai tempat wisata yang berbasis budaya, karena di sana bukan hanya di penuhi wisata alam saja namun banyak juga wisata sejarah dan wisata religinya yang tentunya juga sangat menarik untuk dikunjungi.
Selain itu, untuk anda yang ingin liburan keluarga, memilih destinasi wisata berbasis adat/budaya tentunya juga menjadi pilihan yang tepat, karena selain menyenangkan hal itu juga akan menjadi pelajaran berharga bagi putra dan putri anda tentang budaya dan sejarah dari Pontianak.
Oya, bagi anda yang dari luar Pontianak, dan ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, kami sarankan untuk menyewa mobil sendiri, agar anda tidak direpotkan karena harus naik turun angkutan umum. Banyak sekali jasa rental mobil Pontianak yang bisa Anda pilih, sesuai dengan budget anda.
Nah, bagi anda yang masih asing dengan kota ini, langsung saja berikut ini akan kami referensikan daftar wisata adat/budaya Pontianak yang sebaiknya anda kunjungi
Daftar 6 Tempat Wisata Adat Di Pontianak yang Harus  Anda Kunjungi
1.    Keraton Kadriah

Keraton Kadriah yang berada di Jalan Tritura, Pontianak ini di bangun oleh sultan pertama Kesultanan Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie pada tahun 1771. Saat berkunjung ke tempat wisata ini, di halaman keraton anda akan menemukan sebuah meriam kuno dari peninggalan Jepan dan Portugis.

Sementara di dalam keraton, anda bisa melihat singgasana sultan dan permaisuri, lengkap beserta dengan foto-foto, pakaian dan berbagai macam koleksi milik sultan. Dan Selain itu, di sini anda juga dapat melihat Al Quran tulis tangan yang dibuat sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

2.    Masjid Jami Pontianak

Masjid jami Pontianak dikenal juga dengan sebutan Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid ini memiliki atap dengan empat tingkat, sementara di dalamnya ada empat pilar utama yang terbuat dari kayu belian berdiameter 0,5 meter.

Selain itu, masjid ini juga dibuat dengan gaya rumah panggung agar dapat menghindari banjir saat sungai kapuas meluap. Masjid Jami Pontianak hanya berjarak sekitar 200 meter dari Keraton Kadriah. Setelah berkunjung ke masjid, Anda juga bisa mampir dan melihat-lihat pasar tradisional Pontianak yang terletak di sisi kiri pintu masuk masjid.

3.    Tugu Khatulistiwa

Tempat wisata yang terletak sekitar 3 km dari pusat kota ini merupakan tugu yang menjadi kebanggaan masyarakat Pontianak. Dengan tugu utamanya yang terdiri dari 2 pilar bagian belakang dan 2 pilar bagian depan. Dimana, dirantara 2 pilar belakang terdapat tulisan EVENAAR.

Selain itu, di tugu khatulistiwa juga terdapat museum yang berisi informasi tentang garis imajinasi bumi, serta toko suvenir yang menjual miniatur Tugu Khatulistiwa. Untuk dapat masuk ke tempat ini, tidak ada pungutan biaya. Tapi kalau anda ingin mendapatkan sertifikat bukti kunjungan dengan ditandatangani walikota Pontianak, maka Anda harus membayar Rp. 10.000.

4.    Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan batulayang merupakan komplek pemakaman 7 sultan Pontianak beserta keluarganya. Makam utama di tempat ini adalah makam  Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, yang berada di tengah komplek di sebuah ruangan yang berbentuk seperti bunker kecil. Sedangkan di luar komplek pemakaman anda akan melihat gundukan batu yang berwarna hijau yang dikenal sebagai batulayang.
Jika anda berminat datang, tempat ini tidak terlalu jauh bila ditempuh dengan mobil karena hanya berjarak sekitar 2 km dari Tugu Khatulistiwa. tapi kalau anda tidak membawa mobil, sewa mobil Pontianak tentunya bisa jadi pilihan terbaik untuk anda.

5.    Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng dibuat sebagai replika dari rumah adat suku Dayak Kalimantan Barat yang terletak di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak. Rumah adat ini merupakan rumah adat terpanjang di Indonesia, dengan Panjangnya yang mencapai 138 meter, lebar 5 meter dan tinggi 7 meter. Yang terbuat dari bahan kayu ulin dengan dihiasi ukiran dan lukisan khas Dayak.

6.    Museum Kalimantan Barat

Museum kalimatan barat ini terkenal juga dengan sebutan Museum Negeri Pontianak. Tempat wisata sejarah ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Museum ini terbagi menjadi tiga zona yang memiliki koleksi-koleksi yang berbeda. Seperti artefak , koleksi benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya suku Dayak, serta koleksi keramik dari Cina.
Itulah 6 daftar tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Pontianak. Tapi, selain tempat-tempat wisata tersebut, kota Pontianak juga memiliki berbagai event wisata budaya yang tak kalah menarik untuk anda hadiri. Apa sajakah itu?
4 Daftar Wisata Budaya Di Kota Pontianak Yang Wajib Anda Kunjungi
1.    Pontianak october festival

Pontianak october festival merupakan sebuah festival yang menonjolkan akar budaya melayu Pontianak dalam rangka memperingati hari jadi kota Pontianak. Festival ini berlangsung selama satu bulan selama bulan oktober. Dengan diisi berbagai acara yang menarik untuk diikuti. Salah satu contoh kegiatan dalam festival ini adalah pawai 1 muharram dan gelar kuliner. Acara ini digelar dengan tujuan menyadarkan masyarakat untuk selalu melestarikan adat dan budaya melayu Pontianak.

2.    Pekan gawai dayak

Pekan gawai dayak merupakan festival budaya suku dayak yang menjadi agenda rutin setiap tahunnya di kota Pontianak. Dengan rangkaian acaranya yang berbasis budaya, pekan gawai dayak diawali dengan upacara adat dan kemudian baru dilanjutkan dengan acara yang lainnya, seperti karnaval keliling kota, fasion show, kontes bujang dare, tarian, pameran, dan lain sebagainya.

Pekan gawai dayak ini merupakan event pariwisata yang unik dan menarik. Dan jika anda ingin menghadiri acara ini sebaiknya ada sudah berada di kota pontianank sebelum tanggal 25 mei. Karena acara ini rutin digelar pada taggal 25 mei setiap tahunnya.

3.    Cap go meh

Event wisata yang satu ini merupakan salah satu rangkaian dalam perayaan tahun baru imlek. Acara ini diperingati 15 hari setelah perayaan imlek. Dalam peraayaan ini ada banyak atraksi yang disuguhkan seperti artaksi ekstrim kebal terhadap benda tajam, prosesi ritual buka mata naga, dan atraksi tatung.

4.    Festival budaya bumi khatulistiwa

Festival berbasis budaya yang satu ini selalu diadakan setiap 2 tahun sekali dengan diikuti oleh seluruh kabupaten di provinsi kalimantan barat. Dengan berbagai rangkaian acara seperti pawai budaya, lomba layang-layang hias, syair melayu, makanan khas daerah, dan lain sebagianya. Serta sebuah acara yang paling unik dan menonjol dalam acara ini yaitu tarian kolosal 3 etnis, yaitu dayak, tionghoa dan melayu.

Demikianlah daftar tempat wisata adat dan event-event festival budaya yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin berlibur atau travelling ke kota Pontianak. Dan untuk kemudahan transportasi saat berwisata, memakai jasa penyewaan mobil Pontianak bisa jadi solusi tepat dan menguntungkan untuk anda. Semoga bermanfaat!

Comments